Rabu, 07 Maret 2012

APA SIH BILINGUAL ITU?

5 komentar
Saat ini makin banyak orang tua yang menyadari pentingnya menguasai bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari, terbukti dengan semakin membludaknya siswa baru di sekolah-sekolah SBI (Sekolah Bertaraf Internasional). Sekolah yang mengklaim dirinya menggunakan bilingual dalam system belajar dan mengajar. Lalu apa sih bilingual itu?

Bilingual adalah menggunakan dua bahasa dengan baik. Contoh Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang, Dan Lain-lain. Seseorang bisa dikatakan Bilinguals ketika; (1) Menguasai dua bahasa dengan modalitas yang sama. Contoh  Berbicara Bahasa Inggris dan Berbicara Bahasa Jerman dan menulis Bahasa Inggris dan Menulis Bahasa Jepang. (2) Menguasai dua bahasa dengan modalitas yang berbeda. Contoh berbicara Bahasa Inggris dan menulis Bahasa Jepang.


Bilingual mempunyai banyak keuntungan, diantaranya bisa berkomunikasi dengan bahasa lain, dapat mengembangkan kerjasama dan pemahaman antar masyarakat, dan meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan Bain and Yu (1980) pada anak usia empat tahun di Canada, Prancis, dan HongKong yang menunjukkan hasil  bilinguals lebih unggul dari monolingual dalam beberapa tes kinerja kognitif, selain mereka memiliki keunggulan dalam dua bahasa yang berbeda.

Dalam pembelajarannya, Bilingual dapat dilakukan dengan dua cara yaitu sequential dan simultaneous. Sequential adalah belajar bahasa pertama kemudian belajar bahasa kedua dalam waktu yang berurutan, Misalnya seorang anak dari umur satu tahun menggunakan Bahasa Indonesia dirumahnya kemudian setelah berumur tujuh tahun di sekolahnya dia belajar bahasa inggris. Simultaneous adalah perolehan kedua bahasa dalam waktu yang bersamaan, seperti seorang anak yang berbicara dalam dua bahasa dirumahnya.

 
Dalam pembelajaran simultaneous terdapat dua situasi yang dapat kita terapkan. Yang pertama 1P-1L (One Person-One Language / satu orang-satu bahasa), dalam pembelajaran ini seorang anak dibiasakan untuk menggunakan satu bahasa untuk satu orang dan bahasa yang lain untuk orang lain, contohnya seorang anak berbicara Bahasa Inggris pada ibunya dan berbicara Bahasa Indonesia pada ayahnya. Jadi dalam pembelajaran ini interaksi apapun yang dilakukan oleh ibu dan anaknya harus menggunakan Bahasa Inggris begitupun ketika berinteraksi dengan ayahnya, anak tersebut harus menggunakan bahasa Indonesia. Yang kedua adalah 1P-2L (one person-two languages / satu orang-dua bahasa), dalam pembelajaran ini menggunakan dua bahasa untuk kedua orang tuanya. Contoh seorang anak menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia ketika berinteraksi dengan ayah dan ibunya.

5 Responses so far

  1. kalau menguasai bahasa daerah dan bahasa indonesia termasuk bilingual tidak?? contoh menguasai bahasa jawa dan bahasa indonesi

  2. Unknown says:

    Menurut anda...jawaban nya ada di hati anda 😆😆😆

  3. Unknown says:

    Iya itu termaksud bilingual, karena orang yg dikatakan bilingual ialah seseorang yg menguasai 2 bahasa dengan baik

  4. Unknown says:

    Apakah penting belajar bilingual? Apakah itu bukan termasuk salah satu cara untuk melestarikan bahasa asing di Indonesia.

  5. Dapatkah seseorang yg menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Malaysia dikategorikan sebagai bilingual?

Leave a Reply